5 Cara Agar Sukses Bangun Pagi Setiap Hari



Sering kita menderangan orang-orang mengatakan bahwa saat Kamu bangun pagi maka ini bisa mempengaruhi kegiatanmu dalam satu hari.

Kalau kita perhatikan para mahasiswa kita di Indonesia yang merupakan bagian paling penting dari kemajuan bangsa ini, akan tetapi mereka sering mengalami masalah pada bangun pagi, tentunya  hal ini cukup memprihatinkan.

Sibuk dengan berbagai aktivitas yang bahkan hingga pertengahan malam menjadi penyebab yang sangat utama sesorang susah untuk bangun pagi.

Bangun Pagi
Bangun pagi, sumber: kompasiana.com

Akan tetapi terkadang juga pada orang yang punya waktu luang banyak, ada yang juga susah bangun pagi, maka ini bisa dikatakan “keterlaluan”, perlu adanya upaya untuk membiasakan diri bangun pagi, tentunya perlu perjuangan besar di awal-awalnya.

Berdasarkan penjelasan ahli kesehatan bahwa kegiatan tidur pagi yang menjadi kebiasaan pada setiap harinya dalam jangka waktu yang lama, maka bisa menjadi petaka baginya, yang beresiko merusak organ-organ tubuh, terutama di sekitar perut.

Bangun lebih pagi bikin bahagia...


Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Toronto Kanada mendapatkan hasil bahwa mereka yang bangun lebih pagi secara umum maka akan memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik.

Selain itu, orang yang bangun lebih pagi akan merasakan perasaan yang lebih bahagia dibandingkan dengan bangun siang.

Perasaan lebih bahagia tersebut karena mereka lebih mudah dalam beradaptasi dengan jadwal aktivitas panjang seharian.

Adapun mereka yang sering bangun kesiangan, dimana pada malam hari sering begadang maka akan cenderung mengalami “social jet lag”.  Itu merupakan sebuah keadaan pada jam biologis tubuh menjadi tidak selaras dengan aktivitas sosial.

Dan pada mereka yang bangun pagi terbukti lebih segar, bahagia, lebih mampu berkonsenrasi, dan lebih termotivasi dalam menghadapi  tantangan, yang selain itu berguna untuk peningkatan imun tubuh. Referensi kompas.com

Cara agar sukses membiasakan diri bangun pagi...


Seperti dikatakan sebelumnya bahwa mengubah kebiasaan menjadi rajin bangun pagi membutuhkan perjuangan di awal-awalnya. Sehingga perlu usaha keras dan jangan berputus asa dalam melakukannya.

Berikut di bawah ini beberapa hal yang perlu Kamu lakukan agar membantu usaha Kamu dalam bangun pagi.

1. Tidup malam paling lamanya jam 10 Malam

Ini hal mutlak yang harus Kamu lakukan agar bisa bangun pagi nantinya, dimana biasanya manusia butuh waktu tidur 6-8 jam per hari, demikia hal ini diketahui oleh masyarakat luas.

Apabila Kamu tidur larut malam, sudah barang tentu Kamu akan merasakan lelah karena kurang tidur. Sehingga hindari kegiatan di malam hari, apalagi jika kegiatan itu kurang penting maka lebih baik ditinggalkan.

2. Minum air putih sebelum dan sesudah tidur

Sebelum tidur minumlah air putih secukupnya, tujuannya agar menimbulkan rasa ingin buang air kecil ketika di pagi hari.

Sehingga hal ini menjadi pemicu agar Kamu bangun di pagi hari. Walau begitu, jangan terlalu banyak minum air putih sebelum tidur, karena dapat mempengaruhi kinerja ginjal dan malah mengganggu waktu tidurmu.

Minum air putih menyegarkan tubuh di pagi hari...


Manfaat lainnya, minum air putih setelah bangun tidur membuat tubuh akan lebih segar dan fresh, sehingga ini menjadi modal yang dalam menjalani kegiatan panjang seharian.

Kamu hanya perlu minum satu gelas air putih setelah bangun, yang membuat Kamu lebi terhindar dari rasa ngantuk di pagi hari.

3. Gunakan alarm dan pilih suara alarmnya yang tepat

Jika selama ini bunyi alarm yang digunakan tidak ampuh, yang suaranya hanya merupakan suara standar saja, maka Kamu perlu mencoba bunyi-bunyi yang lain.

Hal itu karena bunyi alarm memberikan perngaruh yang besar apakah Kamu bisa bangun pagi atau tidak?

Dan Alhamdulillah sekarang terdaapt banyak aplikasi alarm buatan untuk gadget, Kamu hanya prlu mendownlaodnya (cari aplikasinya di mensin pencari Google).

Aplikasi berlisensi gratis yang disediakan cukup banyak. Suara dari kicanuan burung-burung yang terdengar lembut, katanya sangat ampuh dalam membangunkan orang di pagi hari.

Mungkin Kamu dapat mencobanya dijadikan suara alarm?

Letakan Alarm di dekat telinga....


Jangan lupa untuk meletakan alarm-mu di dekat telinga dan dengan full volume, tapi meletakannya jangan ditempelin ke telinga he..he..

Dan lebih unik lagi bahwa sekarang terdapat aplikasi math alarm, dimana nantinya Kamu perlu memecahkan soal matematika yang diberikan agar bisa mematikan suara alarm.

4. Hindari makan sampai kekenyangan menjelang tidur

Terlalu banyak makan menjelang tidur, hal ini dapat mengganggu tidur-mu, alhasil Kamu jadi susah untuk bangun di pagi hari nantinya.

Untuk itu perlu membiasakan diri agar makan malam saat 2 jam sebelum tidur.

5. Segera cuci muka setelah bangun pagi

Baru bangun pagi biasanya membuat Kamu masih terasa ngantuk, untuk itu basuhlah muka dengan air yang menyegarkan wajah Kamu.

Mencuci muka juga sangat penting agar Kamu terhindari dari salah satu sifat pemalas, yaitu tidur lagi setelah bangun tidur. Wajah yang sudah dibasahi akan cenderung untuk lebih terhindar dari ditur lagi.

Untuk itu jangan lupa setelah bangun, segera yang pertama adalah basuh muka hingga merasakan kesegarannya.
Tulisan Terkait:
loading...