14 Tips Mudah Meningkatkan Kecerdasan Otak



Menjaga otak tetap aktif dan tajam sangat diperlukan, Anda jadi lebih lancar dalam menyelesaikan suatu tugas atau mampu berpikir dengan baik untuk menemukan solusi suatu permasalahan.

Dengan memiliki daya pikir yang baik, bermanfaat dalam menjalani berbagai aktivitas dan pekerjaan sehari-hari, pekerjaan akan menjadi lebih efisien.

Seperti diketahui, tidak semua orang ditakdirkan memiliki kecerdasan yang tinggi, masing-masing ada hikmahnya tentunya.

Tips Mudah Meningkatkan Kecerdasan Otak

Walau begitu, seseorang tetap dapat mengusahakan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Banyak kenyataan dari para ilmuan yang masa kecilnya hanya punya tingkat kecerdasan atau IQ yang biasa saja, bahkan ada yang di bawah rata-rata teman-temannya.

Salah satunya adalah Albert Einstein, yang pada masa kecilnya, dirinya tumbuh dengan tingkat kecerdasan yang dianggap rendah, bahkan dirinya dinilai memiliki tingkat pemahaman belajar yang lambat dibandingkan teman-temannya.

Yang lebih parah lagi, bahwa Albert Einstein “kecil” dinilai mengalami gangguan mental, seperti masalah disleksia maupun autis. Yang masalah ini juga sekarang diderita sebagian anak-anak.

Tips meningkatkan kecerdasan otak:

#1. Sarapan yang baik
Sarapan yang aneh (bukan unik) yang tidak sedikit sebenarnya dilakukan orang-orang yaitu sarapan dengan mengkonsumsi kopi dan sebatang rokok, tentu ini tidak dapat dikatakan sebagai sarapan yang baik.

Coba perhatikan sebuah studi yang sudah dilakukan para ahli, menenukan hasil bahwa degnan melakukan sarapan di pagi hari sangat bermanfaat untuk meningkatkan glukosa di dalam darah, dimana manfaat zat glukosa tersebut sebagai bahan bakar otak.

Sehingga yang sarapan bermanfaat untuk meningkatkan kinerja mental, memori, konsentrasi, dan mood dalam menjalani aktivitas sehari-hari, yaitu sarapan dengan  mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein, seperti telur dan daging.

Adapun mengkomsumsi makanan tinggi karbohidrat kompleks dianjurkan dikonsumsi siang hari.

#2. Mulai biasakan diri untuk melatih kemampuan otak
Membiasakan diri melatih kemampuan otak dengan mengamati, kemudian simpanlah yang kamu amati ke dalam memori, hal ini sangat baik untuk mencegah otak menjadi tumpul.

Biasakan diri untuk mempelajari sesuatu yang baru, karena dengan mengetahui hal-hal baru akan merangsang otak untuk menyimpan data-data tersebut ke dalam otak, sehingga otak menjadi terbiasa dan terlatih untuk menangkap berbagai hal-hal baru yang ada di sekitar.

Anda dapat melatih otak untuk menghafalkan hal yang baru dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat. Sebagai contoh sederhana, Kamu bisa iseng-iseng untuk menghafal angka atau nomor telepon ketika waktu kosong, ini lebih baik kan dari pada bengong gak jelas?

Contoh lainnya, ketika Anda mendengar seseorang mengatakan “Gajah!” Maka seharusnya di pikiran dan benak Anda, berupa seekor makhluk yang besar, berwarna abu-abu, telinganya besar, hidungnya panjang, dan seterusnya.

Dengan terus menggunakan fungsi otak yang telah dianugerahkan Allah, sangat bermanfaat karena membuat otak menjadi lebih tajam, daya pikir meningkat, daya ingat meningkat dan lainnya.

#3. Budayakan kebiasaan baik menulis dan membaca
Bacalah buku atau dari media lainnya berbagai hal yang bermanfaat untuk Anda, kemudian juga budayakan kebiasaan menulis, seperti menulis tentang apa saja yang terjadi seharian, atau hal-hal lainnya, yang utamanya dapat membuat Anda bahagia dan adrenalin meningkat.

Yang tentunya ini sangat baik untuk memacu kecerdasan otak sehingga lebih tajam dalam berfikir.

Dengan membaca juga, Anda menjadi terpacu untuk menggambarkan tentang apa yang Anda baca. Otomatis, otak Anda akan “memanggil” informasi terdahulu, untuk dikaitkan dengan informasi yang tengah Anda baca.

#4. Olahraga
Anda bisa meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, serta mempertajam pikiran dengan cara meningkatkan denyut jantung  (alias olahraga) yang akan membuatmu berkeringat.

Anda kalau bisa melakukannya setiap hari, atau minimalnya 3 kali dalam seminggu. Anda hanya perlu menyisihkan waktu sekitar 20 menit dalam sehari di pagi hari untuk melakukan beberapa macam olahraga, Anda bisa memilih jongging, aerobik, berenang, bersepeda atau jenis olahraga ringan lainnya.

Berolahraga membuat kandungan oksigen yang melalui aliran darah dapat lebih lancar, sehingga memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan otak, yang nantinya dapat berfungsi secara optimal.

Olahraga juga bermanfaat unutk melatih diri Anda menghadapi stres karena pekerjaan yang menumpuk, sehingga mampu tetap berpikir dengan baik ketika berada di bawah tekanan.

Terapkan pola hidup yang sehat sehingga sel otak dapat berfungsi dengan baik, hindari atau minimalisir mengkonsumsi makanan kurang sehat seperti gorengan, minuman bersoda, merokok hingga minuman beralkohol, yang tentunya sangat tidak sehat.

#5. Mengemil kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan magnesium dan mineral yang oleh para ahli telah dikaitkan dengan peningkatan memori otak. Berdasarkan riset dari MIT dan Tsinghua University di Beijing, kandungan magnesium bermanfaaat untuk memperbaiki ikatan antara sel-sel otak.

#6. Masak-masakan yang sehat
Hendaknya Anda menjadi sosok orang yang menyukai makan ikan-ikanan, sayuran, hingga mencoba lebih mengutamakan minyak zaitun dibanding jenis minyak lainnya.

Dan juga memakan daging merah, tetapi tidak berlebihan. Beberapa jenis makanan tersebut merupakan pola makan dari orang mediterania.

Seraya usia bertambah, otak akan mulai mengalami kerusakan sedikit demi sedikit, yang dapat menyebabkan kesulitan berpikir dan mengingat. Dengan pola makan Mediterania tersebut mampu menurunkan sebanyak 36 persen risiko kerusakan tersebut.

#7. Batasi makanan yang mengandung gula
Karbohidrat dalam bentuk apapun seperti roti putih, pasta, dan keripik kentang, bisa membuat anda merasa lelah dan malas. Serta juga membuat anda sulit berpikir jernih.

Hal ini karena kondisi banyaknya insulin yang mengalir di dalam darah untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.

#8. Penuhi asupan antioksidan
Asupan antioksidan sangat penting untuk melindungi sel-sel tubuh, termasuk sel otak. Beberapa makanan yang kaya antioksidan yaitu bayam, bawang putih, kismis, bluberry, blackberry, strawberry, dan raspberry.

#9. Rileks agar tidak mudah lupa
Kehidupan orang “modern” sekarang yang katanya serba sibuk, dapat membuat timbulnya rasa cemas yang parah, yang berdampak pada peforma fungsi otak, sehingga membuat Anda menjadi kesulitan untuk menerima informasi baru.

Seperti yang diungkap pada sebuah studi di University of Rochester. Anda bisa mendapatkan rileks dengan cara sederhana, yaitu sesekali mengambil napas dalam-dalam di saat-saat kondisi cemas.

Selain itu, dengan jalan kaki juga dinilai bisa membantu menenangkan pikiran.

#10. Tidur yang cukup
Disarankan Anda dalam memenuhi kecukupan tidur malam sehari-hari, setidaknya 6 jam. Sehingga saat pagi harinya tubuh akan merasakan fit dan fresh.

Tidur yang cukup membantu organ otak untuk menguatkan dan mengorganisasi ingatan informasi, sehingga bisa dengan mudah diingat kembali ketika diperlukan.

Dengan kualitas tidur yang baik, membuat tumbuh secara maksimal untuk regenerasi sel-sel dan menghilangkan racun-racun di dalam tubuh (proses berlangsung saat tidur).

#11. Minimalkan waktu menonton televisi
Bagi banyak orang, ini menjadi kebiasaan yang cukup sulit untuk dirubah. Orang-orang sering berasa di depan televisi. Masalahnya adalah menonton televisi ternyata tidak melatih kapasitas mental anda.

Energi Anda tersedot keluar untuk menonton televisi tetapi tidak memperoleh manfaatnya. Mata anda sakit dan lelah karena terfokus pada kotak cahaya untuk waktu yang cukup lama, hal ini membuat Anda menjadi tidak punya energi untuk membaca buku.

Padahal membaca buku jauh sangat besar manfaatnya, selain mendapat pengetahuan juga melatih otak. Untui itu, ketika anda sedang santai maka utamakan untuk mengisi waktu dengan membaca buku.

#12. Jangan tunda tidur, jangan tunda bangun
Anda akan sulit berkonsentrasi jika memiliki masalah dengan tidur. Adapun Anda bisa merasa segar dengan tidur lebih awal dan juga bangun pada waktu shubuh.

Jika anda tidur sampai larut malam, nantinya membuat Anda akan menjadi lesu dan sulit berkonsentrasi setelah bangun tidur.

Pagi hari adalah saat yang paling produktif. Bangun lebih awal berarti membuat Anda dapat lebih produktif dan juga memaksimalkan ketajaman mental sepanjang hari.

Disarankan ketika di siang hari Anda mengalami lelah yang sangat (karena aktivitas padat), disarankan untuk tidur siang selama 20-30 menit. Sehingga nantinya tubuh dapat segar kembali di siang hari.

#13. Belajarlah sebanyak mungkin
Ketika mempelajari hal-hal baru, sebenarnya kita telah membuat bagian aliran arus syaraf baru di dalam otak. Orang yang “pintar” memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan yang lain.

Otak manusia akan membentuk aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru. Semakin beragam hal yang dipelajari, maka membuat Anda bisa semakin pintar. Tetapi hendaknya mempelajari hal-hal yang bermanfaat saja.

#14 Buatlah Jurnal
Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson.

Dia menemukan bahwa orang-orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Seperti Thomas Edison yang telah menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya. 004

Tulisan Terkait:
loading...