24 Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Agar Tidak Mudah Sakit)



Sistem kekebalan tubuh yang baik dan kuat memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh karena dapat menangkal mikroba penyebab penyakit.

Di dalam tubuh manusia terdapat mekanisme pertahanan untuk melawan patogen penyebab penyakit, yang mekanisme tersebut terdiri dari sel-sel, organ, jaringan yang mampu mengidentifikasi mikroba penyebab penyakit yang ada di dalam tubuh, untuk kemudian menghancurkannya.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat diperoleh jika berjalannya semua fungsi-fungsi tersebut secara baik. Saat kondisi sistem kekebalan tubuh lemah, mengakibatkan tubuh menjadi sangat rentan terhadap serangan infeksi, virus, penyakit.

Hal utama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh maka jalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Beberapa Jenis Makanan Untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Beberapa Jenis Makanan Untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh | Sumber gambar: Pexels.com

Kondisi cuaca yang sangat panas mengakibatkan tubuh menjadi terlalu mudah lelah dan merasakan capek, sehingga mengkibatkan banyak orang kurang fokus dalam menyelesaikan tugas sehari-harinya.

Disamping itu tubuh juga menjadi sangat mudah terserang penyakit flu, yang tentunya menganggu aktivitas sehari-hari, tubuh yang mudah sakit karena daya tahan tubuh yang menurun.

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

1. Rutin Olahraga
Olahraga menjadi salah satu aspek utama untuk memperoleh hidup yang sehat, dan merupakan bagian dari gaya hidup yang baik. Dengan melakukan olahraga teratur memiliki banyak manfaat seperti mengindari masalah obesitas, menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, meningkatkan kesehatan jantung hingga menurunkan resiko tubuh terkena stroke.

Melakukan olahraga atau aktivitas fisik membantu sel-sel darah putih dan antibodi agar dapat bergerak lebih cepat ke seluruh tubuh, guna meningkatkan laju sirkulasi darah, yang akhirnya sangat bermanfaat dalam proses menghilangkan bakteri dan mikroba penyebab penyakit di dalam tubuh.

Manfaat lainnya dari olahraga yaitu meningkatkan suhu tubuh sehingga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan patogen yang merugikan tubuh, adapun jenis olahraga yang dapat dilakukan seperti jongging, bersepeda dan lainnya, lakukan sekitar 15-30 menit setiap hari.

2. Terapkan Pola Makan yang Seimbang
Hindari berbagai macam makanan yang berjenis junk food. Konsumsilah buah-buahan yang kaya akan nutrisi seperti buah anggur, apel, jambu, pepaya, kiwi, strawberry, melon, orange, nanas dan alpukat.

Kemudian konsumsi Sayur-sayuran seperti kubis, kangkung, wortel, paprika, bayam, brokoli, dan sayuran hijau yang lain. Untuk hal-hal pendukungnya maka dapat mengkonsumsi kacang-kacangan, sereal, teh hijau, biji-bijian, daging ayam dan kalkun tanpa lemak, minyak zaitun, ginseng, madu, lada, dan kunyit.

3. Tidur yang Cukup
Kurang tidur mengakibatkan terganggunya sistem imun / kekebalan tubuh. Dimana kalau diperhatikan bahwasanya orang yang tidak mendapatkan tidur cukup maka akan lebih rentan terkena infeksi bakteri dan virus.

Disamping itu kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi terhadap mikroba menjadi tidak maksimal, sehingga penting untuk tidur yang cukup di malam hari, sekitar 6-8 jam.

4. Minum Air Putih
Minum air putih yang mencukupi untuk tubuh, dimana manfaatnya sangat besar dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, dimana air putih tersebut amat diperlukan untuk memproduksi getah bening, yang berguna untuk membawa sel darah putih dan sel-sel yang lainnya ke seluruh tubuh.

5. Hindari Merokok
Ini menjadi kebiasaan yang buruk, yang masih saja dipertahankan banyak orang, merokok dapat menyebabkan kerusakan pada banyaki organ tubuh, serta mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun kemampuannya. Sehingga tubuh menjadi rentan terhadap serangan infeksi.

6. Hindari Makanan Cepat Saji
Dimana ini termasuk makanan junk food yang dapat mengakibatkan menurunnya kemampuan sistem kekebalan tubuh. Makanan seperti itu berisi tingkat lemak tidak sehat yang sangat tinggi, dan juga memiliki kandungan gula berlebih, yang sangat tidak sehat untuk tubuh.

7. Hindari Stres
Hindari masalah stres dan depresi menerpa jiwa dalam waktu yang panjang, karena dapat mengkibatkan sistem imun tubuh menjadi terganggu, sehingga perlu mengubah pola pikir menjadi lebih baik untuk menghindari masalah stres ini.

8. Usahakan Tubuh Terkena Sinar Matahari Pagi Beberapa Saat
Hal itu karena matahari pagi sangat bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan asupan vitamin D untuk tubuh. Kondisi tubuh yang kekurangan vitamin D berakibat pada peningkatan resiko pada tubuh dari terkena masalah kesehatan.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2010 pada sekumpulan anak-anak. Hasil penelitian menemukan bahwa mencukupi kebutuhan asupan vitamin D 1.200 IU dalam sehari, memiliki manfaat penting agar tubuh mampu menangkal masalah influenza A. Secara umum bermanfaat untuk memperkuat imun tubuh.

9. Minum Air Lemon
Mengonsumsi lemon memiliki banyak khasiatnya, dimana pada lemon memiliki nutrisi vitamin C yang sangat tinggi. Fungsi vitamin C ini bekerja untuk menghadang serangan virus dan bakteri berbahaya pada tubuh.

Minum air lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda, selain itu membantu untuk mempercepat proses penyembuhan ketika sakit. Manfaat lannya dari vitamin C yaitu memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh secara alami.

Jus lemon dapat meningkatkan tingkat buang air kecil dalam tubuh sehingga secara tidak langsung dapat membantu membersihkan racun-racun dalam tubuh melalui urin. Membiasakan minum air hangat dan lemon di pagi hari juga dapt membantu proses pencernaan.

10. Minum Yogurt
Yogurt merupakan jenis minuman yang diolah hasil fermentasi susu. Di dalam yogurt terdapat lactobacillus, yang dengan keberadaannya di dalam tubuh bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh, baik dalam dalam menangkal serangan infeksi hingga kanker.

Yogurt memiliki rasa yang cenderung asam, dan cocok diminum dalam kondisi dingin karena sangat menyegarkan. Manfaat lainnya dari minum yogurt adalah memaksimalkan produksi sel darah putih di dalam tubuh.

Dimana peran sel dara putih ini sangat penting dalam melawan serangan infeksi. Dengan minum yogurt secara rutin bermanfaat untuk menjaga kekuatan daya tahan tubuh. Minum yogurt membuat Anda tidak mudah terserang demam, iritasi usus, dll.

Probiotik yang ditemukan dalam yogurt befungsi untuk menjaga saluran usus tubuh agar bebas dari kuman penyakit.

11. Biasakan Untuk Membersihkan
Kita sering memegang berbagai berang yang ternyata menjadi sarang kuman, seperti kunci rumah ponsel dan lainnya. Ahli kesehatan sudah menjelaskan bahwa barang seperti ponsel bisa menjadi sarang kuman, apalagi jika ponsel tersebut sering dipinjamkan.

Karena tangan kita tidak bisa lepas dari barang-barang seperti itu maka penting untuk sering-sering mencuci tangan.

Karena dikhawatirkan bahwa tangan nantinya berpotensi membawa banyak kuman, yang kemudian ketika tangan menyentuh bagian tubuh, maka kuman pun akan menyebar ke bagian-bagian tubuh tersebut.

Jika Anda telah melakukan aktivitas yang menyebabkan tangan sangat kotor, maka disarankan untuk membersihkan tangan menggunakan sabun antikuman.

Dalam mencuci tangan yang benar, maka caranya dengan menggosokan tangan secara bersama-sama, selain itu bersuhkan hingga ke sela-sela jari.

Hindari menggunakan handuk basah untuk mengelap tangan, mengeringkan tangan tentunya menggunakan handuk yang kering dan bersih.

12. Konsumsi Bawang putih
Di dalam bawang putih terdapat senyawa antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Sehingga konsumsi makanan yang berisi bahan bawang putih mampu untuk menghancurkan virus penyebab flu.

Di dalam bawang putih terkandung allicin yang berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-virus. Konsumsi bawang putih juga membantu untuk memaksimalkan produksi sel darah putih di dalam tubuh, keberadaan sel darah putih sangat penting untuk membunuh kuman penyakit.

Sebagian orang menyarankan agar konsumsi bawang putih secara mentah, tetapi hal ini tampaknya cukup sulit dilakukan, terutama dikhawatirkan memberikan efek samping.

Sehingga Anda cukup memanfaatkan bwang putih, dengan cara mencampurkannya ke dalam makanan seperti sup. Termasuk ketika ingin makan mie instan maka jangan lupa untuk memasukan bawang putih ke dalamnya.

13. Hindari Terlalu Banyak Konsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula
Bahan gula bnyak digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman, termasuk permen yang Anda konsumsi memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, oleh karena itu batasi mengemil permen (jangan berlebihan).

Terlalu banyak konsumsi makanan maupun minuman yang tinggi gula berakibat pada menurunkan sistem inum tubuh, sehingga membuat tubuh rentan atau sering terkena flu, batuk dan penyakit semacamnya.

Konsumsi asupan gula yang terlalu banyak dapat menyebabkan terganggunya fungsi sistem imun tubuh dalam infeksi penyakit.

14. Konsumsi Suplemen
Tablet atau suplemen vitamin C mampu berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan pilek. Anda harus menenuhi asupan vitamin C yang mencukupi dalam setiap harinya, termasuk Anda bisa memenuhinya dari konsumsi suplemen vitamin C. Manfaat vitamin C ini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

15. Makan Bayam
Rajin makan sayuran bayam bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Di dalam bayam memiliki kandungan folat yang lumayan tinggi. Fungsi kandungan folat ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA dan pembuluh darah. Kerusakan DNA bisa memicu kanker.

Kandungan folat di dalam bayam juga bermanfaat untuk membantu proses produksi sel oleh tubuh. Selain itu, di dalam bayam terkandung vitamin C, serat, antioksidan, vitamin C, dan lainnya. Kandungan-kandungan yang ada di dalam bayam bermanfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

16. Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi
Minum kopi yang memiliki kandungan kafein sangat tinggi. Dimana terlalu banyak memasukan asupan kafein ke dalam tubuh berakibat pada penurunan manfaat gizi vitamin dan mineral yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, konsumsi minuman berkafein yang terlalu tinggi (termasuk minuman soda) mengakibatkan terjadinya dehidrasi. Minum kopi boleh saja, tetapi ingat Anda harus mengutamakan untuk minum air putih yang lebih banyak.

17. Selalu Sediakan Buah dan Sayuran di Rumah atau Tempat Anda sering berada
Tentunya rutin mengonsumsi setiap hari buah-buahan dan sayuran segar adalah termasuk gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menyediakan buah-buahan dan sayuran. Di dalam buah-buahan dan sayuran secara umum kaya kandungan zat antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan penyakit.

18. Konsumsi Makanan Kaya Protein
Kandungan protein yang ada di dalam makanan memiliki manfaat penting sebagai zat pembangun di dalam tubuh. Sehingga jika kekurangan protein menyebabkan peningkatan resiko tubuh terkena penyakit.

Akibat kurang asupan protein menyebabkan banyak masalah yaitu gangguan pencernaan, proses penyembuhan luka yang lama, rambut mudah rontok, perubahan warna kulit, gangguan pada organ liver dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang menjadi sumber protein yaitu telur, susu, kacang-kacangan, kubis dan lainnya. Pada susu terkandung asam amino yang bermanfaat untuk membentuk sel-sel tubuh yang berfungsi dalam memperkuat daya tahan tubuh.

19. Jangan Minum Alkohol
Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa kandungan yang ada di dalam minuman beralkohol berdampak sangat buruk pada tubuh, salah satunya yaitu menghancurkan antibodi tubuh. Dimana keberadaan antibodi sangat penting dalam menghadang serangan virus.

Hal inilah yang menyebabkan orang-orang yang suka minum alkohol sangat beresiko mengalami infeksi dan penyakit seperti tuberkulosis.

20. Berpikir Positif
Ternyata orang-orang yang suka berpikiran negatif lebih beresiko terkena penyakit. Sebaliknya, orang yang terbiasa berpikiran positif lebih jarang tekrena penyakit. Penelitian telah menemukan bahwa berpikir positif bermanfaat untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah peneltian menemukan bahwa orang-orang yang merasa lebih optimis, memiliki sistem kekebalan tubuh mereka lebih kuat. Oleh karena itu, rubahlah pola pikir Anda, hindari memikirkan hal-hal yang tidak berguna, dan pikirkan hal-hal yang bermanfaat saja.

21. Konsumsi Brokoli, Semangka, Ikan, Jahe, Madu
Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan zat alami di dalam brokoli berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Brokoli kaya akan kandungan nutrisi seperti Vitamin A, vitamin C, dan glutathione.

Buah semangka juga memiliki kandunngan antioksidan dan glutathione yang tinggi. Kandungan glutathione bekerja untuk membantu memperkuat imun tubuh. Buah semangka kaya akan kandungan vitamin C. Buah semangka juga mengandung antioksidan berupa karotenoid.

Ikan seperti salmon, tuna dan mackerel kaya akan asam lemak Omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kebugaran tubuh, dan bisa mencerdaskan otak.

Kandungan di dalam jahe bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan menetralisir racun. Adapun madu memiliki segudang manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi alergi, asma, menjaga kesehatan kulit dan banyak manfaat lainnya.

22. Bergaul dengan Orang-Orang yang Baik
Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan sosial yang baik memiliki peluang 50% lebih besar untuk bertahan hidup dibandingkan orang-orang yang mengalami masalah hubungan sosial yang buruk.

Sehingga, pastikan Anda mencari teman dan bergaul, tetapi dalam memilih teman haruslah teman yang baik, jangan berteman dengan orang yang malah bisa merusak jiwa Anda.

23. Rutin Melakukan Hubungan Intim (Pastikan Anda Harmonis dengan Pasangan Anda)
Sebuah penelitian yang mencoba mengamati keterkaitan antara aktivitas seksual dan tingkat kesehatan tubuh. Hasil penelitian menemukan bahwa mereka yang rutin melakukan hubungan intim memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik secara umum, dibandingkan mereka yang jarang berhubungan intim.

24. Hirup Udara di Tempat Terbuka
Ketika Anda mengalami rasa penat dan sesak maka disarankan untuk mencari tempat terbuka. Udara di tempat terbuka tentunya akan mempunyai lebih banyak pasokan oksigen. Hal ini sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Berada di udara terbuka bisa membantu Anda lebih rileks dan menenangkan pikiran Anda. Sehingga Anda bisa lebih terhindar dari stres. Hal ini sangat penting karena dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk jalan-jalan di akhir pekan (minimal sekali dalam sebulan) untuk menyegarkan diri di tempat-tempat yang sejuk. Anda bisa pergi ke taman, pegunungan, atau tempat-tempat yang masih terdapat banyak pohon-pohon hijau.

Tulisan Terkait:
loading...